Bangun kebun tanaman obat dan RS Herbal di Papua

0

Bangun kebun tanaman obat dan RS Herbal di Papua

 Pengantar

Pengobatan alternatif sering menjadi rujukan bagi sebagian pasien di Papua, pengobatan alternatif adalah Doa dan Ramuan ramuan dan therapy, namun pengobatan ini kurang mendapat perhatian, oleh Pemerintah, padahal bila kita jujur bila dikembangkan kegiatan ini terdapat aspek pemberdayaan ekonomi rakyat dan juga kita harus jujur bahwa harga obat kimia mahal.

Pengobatan tradisional terdapat 4 jenis: 

1.Akupuntur

2.Akupresor

3.Herbal

4.Spa

5.Doa

Kita sering jumpai pengobatan alternatif asal China banyak di Kota kota di Papua, lalu bagaimana dengan mreka yang mendapatkan karunia dan pengobatan alternatifnya di Papua.


 Kondisi real

Dalam masyarakat tidak bisa dibantah ada pengobatan umum dgn obat kimia dan pengobatan tradisional 

Kita selama ini hanya sering menjumpai pengobatan China seperti; Shinse,dll

Lalu bagaimana dengan mereka yang lain yang memang ada dalam masyarakat dapat menyembuhkan orang sakit dan mengetahui tanaman tanaman obat yang dapat menyembuhkan orang sakit.

Hal ini pernah dilakukan pada tahun 1990an di Polik Teruna Bakthi Waena oleh Bruder Alo Da Proma saat praktek pasiennya banyak.


 Aspek ekonomi

Bila belum ada kebun obat maka bahan baku dapat diperoleh dari masyarakat baik yang tumbuh liar atau ditanam oleh masyarakat, dengan cara pengelola dapat membeli dari masyarakat sehingga masyarakat dapat memperoleh pendapatan.


 Aspek Pengetahuan

Dengan adanya poli ini maka dapat terjadi transfer pengetahuan kepada masyarakat agar dapat menolong dirinya dengan pengetahuan yang diperoleh dari poli tradisional.


 Dasar Regulasi

Pemerintah berdasarkan fakta yang ada telah mengatur dalam UU No 36 Ta­hun 2009 tentang Kese­hatan, diatur tentang pelayanan kesehatan tradi­sional termasuk salah satu dari 17 jenis upaya kese­hatan yang harus terselenggara secara terpadu, menyeluruh dan ber­kesinambungan di fasilitas pelayanan kesehatan

Dalam PP 72 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional juga diatur pelayanan kesehatan tradisional alter­natif dan komplementer dilak­sanakan secara sinergi dan integrasi dengan pelayanan kesehatan. Diarahkan untuk pengembangan lingkup ke­ilmu­annya supaya sejajar de­ngan pelayanan kesehatan.


 Analisa

Diperlukan agar RS RS di Papua disediakan sebuah Gedung atau Ruangan bagi mreka yg dpt melakukan pengobatan tradisional untuk mengobati orang sakit, tentu dengan pendampingan serta adanya sertifikasi dari Kementrian Kesehatan atau Dinas Kesehatan sehingga terwujud Rumah Sakit terintegrasi di Papua.

Dinas Kesehatan perlu menyediakan lahan untuk membuat kebun tanaman obat  kemudian hasilnya diolah menjadi ramuan tradisional serta membangun rumah sakit preventif didalam ada pengobatan tradisional


 Saran

1.Perlu ada kebun tanaman obat

2.Pusat Pasca Panen Tanaman Obat di Papua.

3.Perlu dilakukan simplisia tanaman alami 

4. Bangun RS Herbal di Papua dan ruangan pengobatan herbal di Puskesmaa Puskesmas di Papua


Salam

John NR Gobai

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top