WARTAWAN SENIOR PAPUA, VICTOR MAMBOR, MENJADI SASARAN BOM

0


WARTAWAN SENIOR PAPUA, VICTOR MAMBOR, MENJADI SASARAN BOM
Peyelidikan Polisi

23 Januari 2023

Seseorang tak dikenal melempar bom di dekat rumah jurnalis Jubi Victor Mambor di Kota Jayapura, Papua Barat, Senin pukul 04.00 WIB. Papua Barat adalah wilayah paling berbahaya bagi jurnalis di Indonesia dan Victor Mambor beberapa kali menjadi sasaran.

Bom meledak sekitar tiga meter dari rumah Victor Mambor di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Victor mengatakan, sebelum terjadi ledakan berdaya rendah, dia mendengar suara sepeda motor berhenti yang terekam CCTV di rumahnya. Victor dan keluarganya selamat, juga tidak ada kerusakan pada rumahnya.

Sebuah tim polisi telah menyelidiki insiden tersebut di lapangan, mengambil pernyataan Victor dan menemukan bukti ledakan bom tersebut.

Victor adalah pendiri situs berita independen di Papua, Jubi.id. Dia telah berulang kali menjadi sasaran serangan digital seperti doxing, peretasan, dan pelecehan online. Pada 21 April 2021, mobilnya dirusak oleh orang tak dikenal. Tidak ada pelaku yang pernah ditangkap karena serangan ini.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengecam keras aksi pengeboman tersebut sebagai ancaman kebebasan pers di Papua. AJI mendesak Polri mengusut tuntas para pelaku di balik teror tersebut. AJI mengimbau seluruh jurnalis di Papua untuk tidak gentar dan menyerah menyuarakan kebenaran di tengah berbagai kendala. 

AJI Indonesia mencatat 114 kasus kekerasan terhadap jurnalis selama 2000-2021. Sedangkan pada tahun 2022 terjadi empat kasus penyerangan terhadap 7 jurnalis di Papua Barat.(ukc/aji.or.id)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top