Perbedaan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi

0


Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika
Di dalam jurusan ini, kita mempelajari tentang cara membuat program sangat sederhana seperti menampilkan tulisan “Hello World” sampai membuat program yang sangat rumit. Kita diajari bagaimana membuat program dengan bahasa pemrograman seperti java, C++, atau PHP jika akan membuat web.
Jika kita memasuki jurusan ini, kita pasti akan menguras logika. Selain itu, ada banyak mata kuliah yang berbau matematika dengan tujuan untuk mengasah logika untuk menyelesaikan masalah. Karena calon seorang programmer itu harus pandai dalam hal logika. Semua aplikasi yang kita temui pasti ada kaitannya dengan programming. Aplikasi dibuat dengan menuliskan sekumpulan perintah dalam bahasa pemrograman dan perintah tesebut diuraikan menjadi terstruktur. 
Yang Dipelajari Jurusan Ilmu Komputer
Banyak orang yang bilang bahwa di jurusan ini, orang akan membuat komputer, merakit laptop, dan lain-lain. Menurut saya, hal itu salah besar. Orang Teknik Komputer atau Sistem Komputer ini tugasnya membuat inti atau otak dari suatu perangkat. Biasanya membuat chip atau prosesor sebuah perangkat. Kalau laptop kosongan atau tanpa sistem operasi, laptop tersebut masih bisa dioperasikan kan, penyebab laptop tersebut bisa jalan yaitu karena adanya “otak” yang dibuat oleh orang Teknik Komputer.


Jadi, jangan salah paham ya tentan jurusan ini.
kalau yang membuat laptopnya ya bisa kolaborasi antara orang Teknik Elektro, Kelistrikan, bahkan sampai Fisika.


Tetapi, yang membuat sistem operasinya ya tetap orang Teknik Informatika / Ilmu Komputer.
Orang Teknik Komputer juga ngoding, tapi bukan seperti orang Ilkom/TI ya. Ngodingnya lebih ke bahasa mesin seperti biner, dan sebagainya.

Yang Dipelajari Di Jurusan Sistem Informasi
Untuk kita yang suka dengan komputer, tetapi tidak telalu ingin mendalami yang namanya pemrograman, tapi kia juga suka dengan bisnis, saya rasa kita cocok masuk jurusan ini. Orang Sistem Informasi ini memiliki prospek kerja sebagai penganalisis sistem dan program. Orang Sitem Informasi tugasnya menterjemahkan kemauan klien ke dalam bahasa yang dimengerti oleh orang TI, ya seperti yang memerintah orang TI dan Sistem Komputer.

Contohnya : Ada sebuah perusahaan ingin membuat sebuah program, maka perusahaan tersebut membutuhkan orang Sistem Informasi, dan orang SI itulah yang menyarankan klien akan menggunakan program yang seperti apa. Setelah itu, orang SI menyuruh orang TI membuatkan programnya.

Jadi, Sistem Informasi itu lebih ke teori dan Teknik Informatika lebih ke praktik membuat program dengan bahasa pemrograman.


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top