PAPUA SEDANG BERJUANG MELAWAN TSUNAMI HIV/AIDS

0

PAPUA SEDANG BERJUANG MELAWAN TSUNAMI HIV/AIDS

Tulisan solusi dalam rangka hari AIDS se dunia

Tanah papua sedang menghapi air bah kematian dengan ancaman HIV / AIDS. Ini menjadi salah satu masalah kesehatan yang sangat  mendesak  saat ini, karena  tanah papua sudah masuk dalam "zona merah".

Dengan meningkatnya grafik kasus HIV / AIDS di tanah papua, maka dibutuhkan  keseriusan pemerintah daerah provinsi, Kabupaten dan Kota dalam penanganan. 


Grafik kasus HIV/AIDS meningkat secara tajam  tersebut, apakah akibat lemahnya kerangka kebijakan pemerintah daerah di tanah papua 

Sampai sejauh mana dampak dari kebijakan tersebut?

Apabila tidak ada perubahan dari kebijakan tersebut, apa yang harus dilakukan. Apakah tetap paksakan dengan kebijakan yang sudah gagal atau ada motode lain. Ini menjadi PR serius bagi Pemerintah Daerah Prov, Kab dan Kota. 


Apabila kita ikuti perkembangan secara global, ada beberapa negara sangat sukses menurunkan tingkat  kasus HIV/AIDS. 

 

Bagaimana negara - negara tersebut bisa berhasil menurunkan tingkat kasus HIV/AIDS masa lalu dan saat ini

Apakah sistem yang mereka bangun sangat efektif

Bagaimana mengukur efektivitas

Isu etika apa yang muncul dalam kebijakan tersebut

Pertanyaan pertanyaan mendasar  tersebut diatas, menjadi keseriusan Pemererintah. 

Apakah  model/sistem yang dibangun  di  negara - negara berhasil tersebut , bisa di adopsi di tanah papua


Salah satu contoh, program nasional  penanganan HIV/AIDS  yang sangat sukses di dunia adalah negara Kuba. Dunia Internasional mengakui dan sempat mendapat penghargaan dari WHO. Menurut Direktur WHO, dr. Margaret Chan, "negara Kuba telah mencapai salah satu prestasi terbesar bagi kesehatan masyarakat   dalam menanggulangi HIV/AIDS". Selain itu dr. Carrisa Etienne, dari organisasi Pan American Health Organization, yang bekerja sama dengan WHO, mengatakan, "Prestasi Kuba hari ini memberi inspirasi bagi negara-negara lain untuk meningkatkan upaya menghapus penularan HIV dan sifilis dari ibu ke anak".

Di negara Kuba ada beberapa peraturan lebih efektif walaupun ketat. 

Sejak itu, grafik kasus HIV/AIDS menurun tajam. 

Sistem penanganan yang dibangun negara Kuba sangat efektif menurunkan kasus HIV/AIDS. Dalam kebijakan negara Kuba ini banyak melanggar hak individu tetapi hasilnya sangat positif. Contohnya seperti wajib tes HIV/AIDS bagi perempuan  hamil serta orang yang terinfeksi penyakit menular seksual lainnya, pemberian nama semua pasangan seksual bagi mereka yang terinfeksi HIV.  Sedangkan di Amerika Serikat, hak-hak individu adalah hal yang paling di utamakan, dan banyak orang kemungkinan bisa memprotes kebijakan seperti Kuba.  

Dari data statistik di negara Kuba, kasus HIV/AIDS drastis menurun, sehingga tidak diragukan apabila  seluruh negara bahkan  lebih khususnya provinsi - provinsi di tanah papua dapat mengadopsi.

Semoga tulisan dalam rangka hari  AIDS se dunia ini dapat  bermanfaat.


(oleh: samuel pakage)


Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top