JAGALAH PERKATAAN KITA

0

 


 JAGALAH PERKATAAN KITA 

Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Efesus 4:29

 

Mungkin sebagian besar dari kita pernah mendengar kata-kata kotor, baik itu nama-nama binatang ataupun kata-kata yang merendahkan bahkan menghina orang lain, dari mulut seseorang.

 

Dan kita juga bisa merasakan perasaan orang yang dikata-katai dengan kata-kata kotor yang merendahkan, hanya bisa menyimpan kekesalan tanpa bisa berkata-kata apa-apa dan tidak bisa melawan

 

Atau kalau orangnya mempunyai kemampuan dan kemauan untuk membalas, maka akan terjadi perselisihan, pertengkaran bahkan kemungkinan akan terjadi tindak kekerasan.

 

Ada begitu banyak kekuarga yang hancur berantakan karena di dalam keluarga yang menonjol hanya kritik pedas, caci maki dan kata-kata sinis dari anggota keluarga kepada anggota keluarga lainnya.

 

Kita seharusnya menyadari bahwa kata-kata kita bisa memberkati orang lain, orang bisa merasakan kasih karunia Tuhan lewat apa yang kita katakan, tetapi kata-kata kita juga bisa menghancurkan hidup orang lain.

 

Paulus mengatakan, Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

 

Benar apa yang dikatakan dalam kitab Amsal, bahwa hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

 

Untuk itu, hati-hatilah dalam berkata-kata, jangan sampai, dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk.

 

Tuhan Yesus berkata, Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggung jawabkannya pada hari penghakiman.

 

Marilah kita belajar mengucapkan kata-kata yang membangun, bukan menghancurkan, menguatkan bukan melemahkan, membuat orang lain terhibur, bukan membuat orang bersedih, biarlah melalui ucapan kita, nama Tuhan dipermuliakan.

 

Tuhan Yesus memberkati 

 

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top